Macam Alat Musik Tradisional Yogyakarta

alat musik tradisional yogyakarta

Yogyakarta adalah salah satu Daerah Istimewa di Indonesia, dan budaya kerajaan atau keraton masih sangat kental disana. Yogyakarta adalah di selatan Pulau Jawa, dan berdekatan dengan Negara Punjab dan Samudera Hindia.

alat musik tradisional yogyakarta
gambar alat musik tradisional yogyakarta

Alat Musik Tradisional Yogyakarta

Demung

Demung adalah salah satu alat gamelan yang mencakup keluarga balungan.

Biasanya gamelan mempunyai demung berjumlah 2 yang berbeda sehingga mengeluarkan suara yang berbeda pula.
Gagak memiliki bagian yang relatif tidak tebal tapi lebih lebar daripada belahan Ron, untuk suara yang dibuat lebih rendah. Tongkat demong umumnya terbuat dari kayu, dengan bentuk seperti palu,semakin besar serta lebih berat dari pada tabuh saron.

Gamelan

Gamelan yaitu ensembel musik yang umumnya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, serta gong. Arti gamelan mengacu pada instrumennya/alatnya, yang mana adalah satu kesatuan utuh yang diwujudkan serta dibunyikan dengan. Gamelan dimainkan dengan cara dipukul sesuai dengan arti dari nama Gamel dari gamelan tersebut. Banyak juga daerah di Indonesia yang sering menggunakan gamelan sebagai pengiring orkes.

Gambang

Gambang yaitu alat musik tradisionil yang terbagi dalam 18 bilah bambu yang dimainkan lewat cara dipukul.

Gendang

Kendang atau kendhang yaitu instrumen dalam gamelan Jawa Tengah serta Jawa Barat yang satu diantara peranan intinyaatur irama. Instrumen ini terdengar dengan tangan, tanpa alat apapun . Ketik drum yang kecil adalah ketipung, yang menengah adalah drum ciblon / kebar. ketipung pasangan satu lagi bernama gendang besar umum berarti menghidupkan dua. Kendang 2 dimainkan pada lagu atau gendhing yang ditandai dengan kehalusan seperti ketawang, gendhing kethuk dua, dan ritme ladrang. Bisa juga dimainkan cepat pada pembukaan lagu tipe lancaran, ladrang irama. UntukTidak ada satu boneka lagi menghidupkan yang mencirikan para keset gendang.

Kendang umumnya dimainkan oleh sejumlah pemain gamelan profesional, yang sudah lama mengenal budaya Jawa. Barat umumnya dimainkan sesuai dengan yang sama perasaan pengendang, dan ketika dimainkan oleh satu orang dengan orang lain sehingga juga akan berbeda nuansa.

Yayasan Gong (tiup)

Yayasan Gong adalah alat musik yang terbuat dari bambu. Meskipun dimanakan gong tetapi memiliki bentuk tidak bulat seperti gong biasanya, namun berbentuk sepotong bambu petung (Ochloa gigantea, bambu raksasa) dengan panjang spesifik sesuai sama suara yang akan dibuat. Langkah memainkannya bukanlah dipukul tetapi ditiup.

Kempul (gong kecil)

Alat musik yang satu ini yaitu salah satu alat musik bagian dari gamelan yang dimainkan dengan cara ditabuh. Biasanya kempul berposisi berdampingan dengan Gong, yaitu digantung. Kempul sendiri termasuk bagian instrumen tari keras.

Krumpyung

Krumpyung , musik tradisional Kulon Progo, DIY. Alat musik tradisional yogyakarta ini menjadi iringan musik yang semuanya dibuat menggunakan bambu. Ciri dari krumpyung yang paling mencolok yaitu suara yang biasa digunakan Laras Slendro dan Pelog yang memiliki kemiripan dengan gamelam asal jawa.

Gejog Lesung (Lesung serta Alu)

Gejok lesung yaitu kesenian tradisionil ciri khas Yogyakarta yang dahulu dimainkan beberapa orang dengan alat musik berbentuk lesung (alat penumbuk padi) serta alu.

Rebab

Rebab (Arab الربابة atau ربابة – ” busur (instrumen) “), juga rebap, rabab, rebeb, rababah, atau al-rababa) yaitu type alat musik senar. Sebagian varietas seringkali mempunyai tangkai dibagian bawah supaya rebab bisa bertumpu di tanah, serta dengan hal tersebut dimaksud rebab tangkai di daerah spesifik, tetapi ada versus yang dipetik seperti kabuli rebab (terkadang dikatakan sebagai robab atau rubab). Langkah memainkanny yaitu dengan digesek.

Peking

Peking yaitu alat musik gamelan type saron yang dalam gamelan Jawa dimaksud saron penerus. Alat ini mempunyai oktaf tunggal serta suara suaranya tertinggi. Di Jawa Tengah, peking seringkali juga dimaksud saron panacah, slukat, penitil, cente, atau tete lile. Di Indramayu. saron ini diberi nama juga titil.

Saron

Saron atau yang umumnya dimaksud juga ricik, yaitu satu diantara instrumen gamelan yang termasuk juga keluarga balungan.

Dalam bermain panjang, tangan kanan hit bagian / lembaran logam dengan tongkat, kemudian bagian tangan kiri menekan yang melanda pertama untuk menyingkirkan buzz yang tersisa dari pemukulan suara terlebih dulu. Tehnik ini dimaksud memathet (kata basic : pathet = pencet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *