Cara Tepat Mengobati Jamur Pada Kaki Kenari

Cara mengobati jamuran pada kaki kenari

Kebersihan kandang kenari menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan. Karena jika kandang kotor maka akan menjadi sumber berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang sering dijumpai adalah jamur. Jamur dan bakteri sangat senang dan mudah berkembang biak ditempat kotor dan lembab.

Ketika tempat kotor dan lembab terutama pada tangkringan dan kandangnya akan mempermudah timbulnya jamur pada kaki kenari. Umumnya hal inilah yang menjadi faktor utama dari masalah tersebut.

Untuk mencegah jamur pada kaki kenari anda dapat dilakukan dengan cara membersihkan kandang dan sering kali menjemur kenari ketika pagi hari. Namun bila terlanjur, anda dapat megobati jamur pada kaki kenari dengan cara-cara dibawah ini.

Meskipun terlihat sepele namun jika jamur pada kaki kenari tidak segera disembuhkan maka akan memberikan dampak yang cukup serius pada burung kenari sobat. Selain mengganggu penampilan, jamur ini juga sangat mengganggu kesehatan. Gak mau kan kalau suara burung kenari kesayangan anda tiba-tiba hilang atau macet berbunyi karena sakit.

Berikut adalah beberapa tips dan trik mengobati jamur pada kaki kenari. Siapkan bahan-bahan dan perhatikan langkah-langkahnya yaa supaya sobat dapat mempraktekannya dirumah.

Cara mengobati jamuran pada kaki kenari

Cara Tepat Mengobati Jamur Pada Kaki Kenari

Berikan Perlakuan Lembut Pada Kenari

Ketika hendak mengobati kaki kenari sebaiknya sobat memberikan perlakuan yang sangat lembut supaya burung kenari anda tidak merasa takut. Perlahan-lahan sentuh dan genggam burung kenari anda.

Bersihkan Area yang Dihinggapi Jamur

Langkah kedua adalah membersihkan dan mencuci bagian-bagian yang terhinggapi jamur dan sekitarnya. Usap dan rontokan bagian jamur dengan menggunakan lap hingga benar-benar bersih dan kering.

Pemberian Obat Luar/Salep

Tahap selanjutnya adalah pemberian obat luar pada kaki kenari yang dihinggapi jamur. Aplikasikan salep pada area-area kaki kenari hingga bagian sekelilingnya supaya bagian sekelilingnya tidak meluas.

Beberapa contoh salepp yang dapat digunakan adalah salep 88, Bio Clean, Dactarin, miconazole dan jenis salep lainya.

Bersihkan Kandang

Bersihkan dan cuci kandang, tangkringan menggunakan sabun anti jamur kemudian jemur hingga kering.

Bersihkan Peralatan yang mengenai kontak langsung pada kenari.

Demikian Tips dan Trik Mengobati Jamur Pada Kaki Kenari yang dapat kami sampaikan. Untuk yang ingin melihat tips burung lainnya silahkan kunjungi suaraburung.org Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Simak terus artikel yang akan kami sajikan lainnya. Sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *