Wow! Ekspor Ikan Terbang, Mencapai Rp 160 Miliar!

telur ikan terbang

Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank lebih fokus pada pembiayaan sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKME).

Salah satu perusahaan skala UKME yang merasa finansial dari Indonesia Eximbank adalah PT Boddia Jaya. Perusahaan ini merupakan pengekspor produk telur ikan terbang di Desa Boddia, Takalar, Sulawesi Selatan.

Direktur Boddia Jaya, Parawansyah Dg. Lapangan tersebut, kata Pembiayaan dari Indonesia Eximbank, perusahaan dapat menampung telur ikan terbang dari semua nelayan di daerah sekitarnya.

“Orang-orang disini adalah kehidupan utama telur ikan terbang, jadi ini sangat perlu,” katanya di Takalar, Sulawesi Selatan.

Lapangan mengatakan bahwa saat ini telah membangun 700 kapal nelayan di desa Boddia. Melalui pinjaman awal sebesar Rp 75 miliar yang diberikan oleh Indonesia Eximbank 2 tahun yang lalu, Boddia Jaya kini tidak hanya mampu mengabadikan tapi juga meminjamkan kepada nelayan.

“Kami bisa memberi pinjaman sebesar Rp 75 juta untuk modal awal nelayan untuk memperbaiki kapal, sampai ibukota dia berlayar karena menangkap telur ikan terbang bisa sampai 1 bulan berlayar,” tambahnya.

Pola pembayaran dibuat cukup mudah, hanya dikenakan 10% dari jumlah tak terbatas yang diambil dari jumlah tembakan yang dijual ke Boddia Jaya.

“Jadi, misalnya, dia berhasil mencapai Rp 100 juta, kami potong Rp 10 juta, setelah itu kami memotong pinjamannya sebesar Rp 75 juta, sisanya Rp 15 juta untuk mereka, untuk modal awal,” kata Field.

Tahun lalu, Boddia Jaya mampu menyerap 700 telur ikan selama satu musim. Dalam satu tahun ikan terbang bertelur hanya sepanjang bulan Mei sampai September.

Telur ikan terbang, dia ekspor ke Jepang, Korea Selatan, Taiwan, dan China, dengan harga jual US $ 40 per kilogram (kg) atau sekitar Rp 520 ribu (nilai tukar Rp13.000). Menurut data dari Indonesia Eximbank, tahun lalu Boddia Jaya berhasil mengecilkan omset hingga Rp 160 miliar.

“Kami beli dari nelayan sekitar Rp 410 ribu,” katanya.

 

Baca juga : Harga ikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *