Tempat Menarik di Solo dan Sekitarnya yang Wajib Kamu Kunjungi

surakarta

Jika Anda pergi ke Jawa Tengah, jangan lupa untuk menjelajahi Surakarta atau yang lebih dikenal dengan Solo. Kota ini memiliki banyak tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama rekan kerja atau keluarga. Tidak mengherankan, Solo memiliki slogan The Spirit of Java, karena kota Solo adalah salah satu kota kecil di Jawa.

Lokasi wisata tidak hanya di kota Solo, tapi juga tersebar di berbagai tempat di sekitar Solo, seperti Karanganyar dan Sragen. Pastinya akan menambah sensasi perjalanan dengan menikmati pemandangan yang jauh namun dengan suasana Jawa yang manis dan berkenan. Nah, ada 10 objek wisata di Solo dan sekitarnya yang kami rekomendasikan:

1. Istana Surakarta Hadiningrat

Istana kerajaan ini adalah Kasunanan resmi Surakarta. Terletak di kota Solo, Jawa Tengah. Berdiri pada inisiatif Suspensi II Pakubawana pada tahun 1744. Meski saat itu Indonesia merdeka dan Kasunanan Surakarta resmi menjadi bagian dari Republik Indonesia, keraton tersebut tetap berfungsi sebagai tempat tinggal Sri Sunan dan keluarganya sambil tetap mempertahankan tradisi kerajaan sampai saat ini. .

Kini selain kediaman Sri Sunan, istana ini juga dijadikan salah satu tempat wisata di Solo. Oleh karena itu, beberapa kompleks istana digunakan sebagai museum yang menyimpan berbagai koleksi kasunanan, beberapa di antaranya termasuk hadiah dari raja-raja di Eropa, replika pusaka kerajaan dan gamelan. Katanya taman istana diberi fokus pasir hitam yang berasal dari pantai selatan sebagai tempat peristirahatan dan ditumbuhi berbagai pohon langka.

Di halaman ini juga dihiasi dengan patung-patung bergaya Eropa. Di istana Surakarta ada juga tempat parkir dan kendaraan bekas Sri Sunan. Tempat ini juga digunakan sebagai Railway Palace Museum. Selain itu, bangunan utama kompleks meliputi saluran pembuangan, bangsal malang, di Ageng Prabasuyasa, tangan tarian Sasana Buwana dan panggung Handrawina. Memasuki daerah ini, kita akan merasakan sensasi suasana kerajaan di masa lalu.

2. Pura Mangkunegaran

Kota Solo tidak hanya memiliki istana Kasunanan Surakarta yang bisa kita kunjungi, juga ada kediaman istana Duke Arya Mangkunegara dan keluarganya di Solo. Model ini mirip dengan kastil, terdiri dari pendopo, pringgitan, dalem, dan kaputran dengan dinding padat yang dikelilingi namun dalam bentuk lebih kecil.

Gaya arsitektur bangunan istana tentu saja berdasarkan gaya bangunan kuno Jawa kuno. Namun beberapa bangunan didesain dengan arsitektur Belanda dan Eropa pada umumnya. Begitu kita memasuki pintu utama, maka akan diletakkan halaman yang luas. Dikatakan bahwa di sinilah prajurit kuno Mangkunegara sedang berlatih. Kemudian kita bisa pergi ke desa Agung, yang merupakan balai yang sangat besar yang diyakini bisa membawa hingga 10 ribu orang. Inilah tempat untuk mendaftar dan membayar biaya masuk kastil.

Di candi ini ada juga taman indah yang bisa kita nikmati sambil beristirahat dari kelelahan. Di depan taman adalah sebuah bangunan yang disebut teras Dalem, digunakan oleh raja untuk menerima tamu-tamu istimewa. Ada juga ruang makan dengan meja panjang di dalamnya.

3. Gladag Langen Bogan

Nah, jika kita sudah menjelajah semua tujuan wisata di Solo, lokasi ideal untuk menikmati masakan khas Solo. Nah ada tujuan wisata yang dimaksud bagi pecinta kuliner tempat kediaman Gladag Langen Bogan itu. Kawasan ini hanya buka di malam hari, tepatnya di Jalan Walikota Sunaryo, sebelah timur Lingkaran Gladag, pusat grosir Solo.

Sore hari daerah ini adalah jalan umum, tapi kalau malam sudah tutup dan dijadikan wisata kuliner. Lokasi ini sangat ramai dikunjungi orang, asli Solo dan wisatawan pedesaan yang ingin mencicipi malam ini.

Makanan seperti thengkleng, sate kere, mee thoprak, wedang ronde, waleang dongo, dan masih banyak lagi. Semua makanan dan minuman ini terkenal dengan Solo yang legendaris. Tak ada salahnya jika Anda mengunjungi lokasi Gladag Langen Bogan, kita akan menjadi kesan terbaik dari makanan khas Solo.

 

Referensi lain : https://mymenarik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *