Inovasi Teknologi Budidaya Jagung Tanpa Olah Tanah

Inovasi teknologi budidaya jagung sangat dibutuhkan bagi para petani yang menanam  jagung. Pasalnya, selain padi tanaman jagung juga banyak digeluti para petani karena tanaman jagung merupakan tanaman yang termasuk dalam makanan pokok utama setelah padi. Tanaman jagung juga mampu beradaptasi di lahan yang subur  sampai dengan lahan marginal, mulai dari lahan kering sampai dengan lahan tadah hujan taupun lahan irigasi. Oleh karena itu, karena kemudahannya beradaptasi tersebut, para petani banyak yang menanan jagung di lahan-lahan mereka. Disamping banyaknya petani yang menanam jagung, diiringi banyaknya juga inovasi teknologi budidaya jagung yang bisa memberikan manfaat pada para petani jagung.

Salah satu contoh inovasi teknologi budidaya jagung adalah menerapkan sistem tanam  tanpa olah tanah (TOT). Sistem tanam tanpa oleh tanah pada lahan tanah yang tadah hujan dapat meningkatkan produksi jagung melalui indeks pertanaman jagung. Penerapan teknologi bididaya jagung ini meningkatkan indeks pertanaman dari 100 dan 200 menjadi 200 dan 300. Penerapan sistem ini dapat mempercepat masa tanam dan lebih memakan biaya yang sedikit daripada normalnya. Selain efektif di daerah lahan yang tadah hujan sisem ini juga sangat efektif di daerah lahan yang memiiki curah hujan pendek. Penerapan teknologi ini juga dapat mematikan rumput benalu ataupun gulma yang menggangu dengan tidak menggunakan pengolahan tanah, melainkan dengan menggunakan herbisida sistematik. Dengan hal itu, maka tidak akan mengganggu tekstur tanah dan kelembapan tanah akan menjadi lebih stabil untuk mendukung pertumbuhan tanaman jagung.

Dari penjelasan diatas sangat jelas bahwa Inovasi teknologi budidaya jagung sitem tanpa olah tanah (TOT) sangat bermanfaat bagi para petani jagung untuk memperbanyak hasil panen jagung tanpa ada tanaman liar atau gulma yang menggangu. Selain itu tekstur dan kelembapan tanah juga tidak akan terganggu untuk pertumbuhan tanaman jagung. Jika anda seorang petni jagung alangkah lebih baiknya jika anda memakai site mini untuk memperoleh keuntungan sekaligus manfaat yang akan didapat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada para petani jagung lainnya agar para petani hidup dengan sejahtera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *