Mengenali Jenis Sarang Walet

Baik bagi Anda yang hendak berbisnis sarang walet maupun yang hendak menjadi konsumen, penting mengetahui jenis sarang walet beserta dengan kualitas yang ditawarkan. Mengapa? Supaya kedua belah pihak tidak mengalami kerugian dalam hal apa pun. Mengingat dana yang harus dikeluarkan untuk menjalankan bisnis sarang walet maupun membelinya tidaklah sedikit. Sehingga, kehati-hatian menjadi faktor penting yang harus diutamakan. Kejujuran antara kedua belah pihak pun diperlukan.
Dapat dikatakan, memilih jenis sarang walet seperti yang ada di dina-n-brian.com  bukanlah perkara mudah. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, terutama bagi pembeli. Terlebih lagi untuk konsumen baru yang belum memiliki pengalaman.

Informasi cukup. Dalam segala hal, pastikan untuk mencari tahu segala sesuatu dulu secara mendalam.
Reputasi penjual. Pastikan penjual tidak memiliki catatan buruk.
Kondisi kandang beserta pemeliharaan. Kualitas sarang walet sangat bergantung terhadap tempatnya tinggal dan juga cara pemeliharaan oleh pemiliknya. Bila semuanya memenuhi standar, maka sudah pasti sarang walet yang dihasilkan sangat bagus.

jenis sarang walet

Lalu, apa saja jenis sarang walet beserta dengan kualitas lengkapnya?

•Original. Jenis ini merupakan grade super alias yang terbaik. Warnanya putih dengan bentuk mangkok sempurna. Dengan kualitasnya yang unggul, harganya pun menjadi yang termahal di antara varian lain. Meski harus merogoh kocek yang dalam, manfaat yang dihasilkan pun sangat baik dan tidak mengecewakan.
•Rednest. Kalau yang ini sangat langka, jadi harganya pun juga sangat mahal. Jenis sarang ini merupakan hasil perpaduan air liur dengan darah yang terjadi ketika fase buang telur walet. Karena kelangkaan dengan harga yang sangat tinggi, beberapa oknum kadang melakukan kecurangan dengan memberi pewarna pada sarang burung agar tampak seperti varian rednest yang terbentuk alami. Sehingga perlu ekstra hati-hati ketika ingin membeli.
•Sudut. Sarang yang ini terbentuk di sudut-sudut kandang walet, sehingga bentuknya menyerupai segitiga. Lebih keras dibanding dengan jenis mangkok, tetapi kualitasnya masih tergolong bagus.
•Stip merupakan jenis yang biasanya dimanfaatkan sebagai tambahan sup walet.
•Patahan adalah varian yang paling murah. Jenis ini sebenarnya ada karena kesalahan saat pengambilan sarang walet oleh peternak. Mungkin karena menggunakan alat atau teknik yang kurang tepat sehingga sarang pun akhirnya patah.

Supaya tidak ada keraguan akan jenis sarang walet, lebih baik bila transaksi dilakukan langsung di dekat kandang walet yang mana pembeli dapat melihat sendiri aktifitas peternakan walet sekaligus kualitas pemeliharaan. Bila sudah yakin dan pembeli merasa puas, alangkah baiknya bila mau membantu mempromosikan usaha walet si pemilik kepada keluarga, teman, maupun kenalan. Sebab, promosi dari mulut ke mulut merupakan metode yang paling ampuh untuk menarik minat pembeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *