Manfaat dan Kegunaan Daun Sirih Bagi Kesehatan

Daun Sirih tentu telah tak asing lagi untuk anda terutama bagi ibu rumah tangga yang sering menggunakan daun sirih ini sebagai bahan pelengkap bumbu dapur. Seperti yang kita ketahui bersama, tanaman sirih merupakan tanaman asli Indonesia, dan terbilang cukup gampang untuk didapati di lingkungan sekitar kita. Bagian yang sering digunakan dari tanaman merambat ini yaitu terdapat pada daunnya. Manfaat dan Kegunaan daun sirih cukup banyak untuk menyembuhkan beragam penyakit. Orang-orang Indonesia masa dulu kerap memakai daun sirih lewat cara dikunyah serta umumnya digabungkan dengan kapur sirih atau rempah-rempah. Mereka lakukan ini lantaran daun sirih diakui bisa memperkuat serta melindungi kesehatan gigi.

Daun Sirih

Disamping itu,  daun sirih juga berguna sebagai alternatif antibiotik untuk ibu hamil menggantikan obat medis. Dan berdasarkan sebagian riset yang dilakukan para ahli kesehatan, banyak Manfaat dan Kegunaan daun sirih yang dapat didapat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan juga bermanfaat untuk kecantikan :

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Hingga Kecantikan

Batuk
Daun sirih dapat untuk jadi obat batuk. Untuk pemakaiannya, siapkan 15 lembar daun sirih. Rebuslah dengan 3 gelas air hingga tersisa 3/4-nya lalu minum dengan madu.

Luka bakar
Siapkan sebagian daun sirih fresh, bersihkan bersih serta peras airnya, lebih sedikit madu lalu tambahkan pada ruang yang ada luka bakar.

Mimisan
Mimisan dapat juga diatasi dengan daun sirih. Siapkan selembar daun sirih fresh yang agak muda lalu dilumatkan, digulung serta sumbatlah hidung yang berdarah dengan gulungan daun sirih itu.

Bau Mulut, Pendarahan gusi, serta Sariawan
Daun sirih berguna juga untuk menyingkirkan bau mulut. Siapkan 2 sampai 4 lembar daun sirih lalu diremas, lantas diseduh, serta gunakan untuk kumur. Sedang untuk hentikan pendarahan gusi, anda dapat juga memakai daun sirih. Ambillah 4 lembar daun sirih serta rebus dengan 2 gelas air. Pakai rebusan itu untuk berkumur. Untuk Sariawan, siapkan 1 sampai 2 lembar daun sirih, bersihkan serta kunyah hingga lumat, buang ampasnya.

Bisul serta Jerawat
Bisul serta jerawat benar-benar sangat mengganggu. Tetapi anda dapat juga mengobatinya dengan daun sirih. Untuk bisul, siapkan daun sirih seperlunya lalu dicuci bersih, giling sampai halus. Berikan di bagian yang ada bisul lalu dibalut. Ubah satu hari 2 kali. Sedang untuk jerawat, ambillah 7-10 lembar daun sirih lantas tumbuk sampai jalus, lalu diseduh dengan 2 gelas air panas. Bersihkan muka yang berjerawat 2-3 kali satu hari dengan air itu.

Bau Tubuh
Bau tubuh dapat pula di hilangkan dengan pertolongan daun sirih. ambillah 5 lembar daun sirih serta di rebus dengan 2 gelas air hingga jadi 1 gelas. Minumlah di siang hari.

Keputihan
Daun sirih juga ampuh untuk menyembuhkan keputihan. Langkah pemakaiannya yaitu 10 lembar daun sirih di rebus dengan 2, 5 liter air, pakai air itu waktu hangat untuk membersihkan daerah kewanitaan.

Sulit buang air besar
Bila anda tengah alami sulit buang air besar, coba minum juice daun sirih dengan kombinasi susu dengan sedikit gula atau madu untuk pemanisnya, lantaran juice ini bisa menolong membuat lancar buang air besar.

Daun Sirih

Tersebut sebagian Manfaat dan Kegunaan daun sirih untuk menyembuhkan penyakit serta melindungi kesehatan badan. Ada banyak lagi Manfaat dan Kegunaan daun sirih yang lain, yang mungkin saja bakal ditambahkan di lain kali. Mudah-mudahan artikel kesehatan perihal Manfaat dan Kegunaan daun sirih ini bisa berguna untuk anda. Baca artikel kesehatan menarik lainya di https://ibu-hamil.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *