Lebih mengenal beras merah Angkak

Kapang adalah jenis ragi yang digunakan dalam fermentasi beras putih yang warnanya menjadi merah keunguan, kemudian beras merah inilah sering orang menyebutnya angkak. Angkak pertama kali dibuat di negeri Cina tepatnya pada zaman Dinasti Ming kurang lebih pada abad ke-14 hingga 17. Beberapa penelitian pernah dilakukan dengan maksud untuk menguji khasiat angkak itu sendiri. Angkak memiliki beberapa senyawa aktif seperti monakolin I-IV, lovastatin, dan dihiromonakolin. Sedangkan untuk senyawa yang berbentuk komponen sterol diantaranya adalah campesterol, isoflavon, stigmasterol, asam lemak tidak jenuh tunggal, dan sebagainya.

angkak
Beras merah angkak

Beberapa kegunaan Angkak

Setelah dilakukan beberapa penelitian, diketahui bahwa angkak memiliki kegunaan seperti untuk menurunkan kolesterol yang jahat, menurunkan tekanan darah tinggi, dan baik untuk meningkatkan trombosit darah. Tidak heran jika angkak seringkali digunakan untuk pengobatan demam berdarah, mengatasi luka karena benturan, melancarkan sistem peredaran darah dan untuk meminimalisir nyeri saat haid. Biasanya jika anda membeli angkak yang sudah dikemas dalam bentuk kapsul akan tertulis khasiatnya pada kemasan tersebut.

Angkak Untuk Obat-Obatan
Tahukah anda bahwa angkak biasanya dikonsumsi oleh masyarakat China yakni sebagai penyedap makanan sekaligus sebagai bahan pengawet. Masyarakat Cina mempunyai kebiasaan untuk mencampurkan angkak ke dalam makanan agar perut terasa nyaman setelah makan.Jika masyarakat Taiwan biasa mengkonsumsi dengan cara meminum angkak yang berbentuk anggur beras. Angkak sebenarnya tidak terlalu memiliki rasa, tetapi jika terlalu banyak konsumsi akan berasa pahit.

Untuk mengobati suatu penyakit bisa denan cara menyeduh angkak atau merebus sebanyak 30 s/d 100gr angkak ke dalam dua gelas air panas sampai warnanya berubah menjadi merah keunguan. Kemudian saring dan diamkan air rebusan tersebut hingga dingin terlebih dulu lalu bisa dikonsumsi. Silahkan anda mencari produk angkak di toko obat. Biasanya tersedia di toko obat herbal. Angkak juga sering dikombinasikan dengan sari kurma atau madu. Pilihlah sesuai selera anda.

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Angkak
http://www.angkak.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *