Beberapa hewan penghisap darah selain nyamuk

Nyamuk adalah salah satu hewan penghisap darah yang sering kita temui, mungkin hampir tiap hari semua orang melihat nyamuk. Entah dirumah, dikantor, dikebun maupun tempat yang lain. Kebanyakan orang mengira bahwa hewan penghisap darah adalah nyamuk saja, namun selain itu ada beberapa hewan penghisap darah yang hidup disekitar kita.

1. Kutu busuk

Kutu busuk salah satu hewan penghisap darah yang mempunyai ukuran kecil. DiIndonesia sendiri kutu busuk mempunyai banyak nama, seperti bangsat, tumila, ada yang menyebut juga dengan kepinding dan di Jawa sering dinamakan tinggi. Kutu busuk merupakan serangga parasit dari keluarga cimicidae dan makanan utamanya adalah darah manusia dan hewan berdarah panas yang lain.

2. Lalat besar

Mungkin banyak yang tidak tahu jika lalat besar atau biasa disebut dengan catak atau pikat merupakan salah satu hewan penghisap darah, lalat jenis ini habitatnya ditempat tempat kotor seperti kandang sapi, kandang kerbau dan area lain yang sekitarnya tempat hewan ternak dikandang. Lalat besar ini mempunyai alat penghisap panjang guna menghisap darah mangsanya, hewan ternak yang sering digigit dan dihisap darahnya oleh lalat jenis ini adalah sapi dan kerbau, namun jika ada kesempatan darah manusia pun juga bisa menjadi santapanya.

3. Pacet

Mungkin diantara kita pernah bertemu dengan hewan yang satu ini, karena hewan ini habitatnya dihutan maupun dikebun dengan menempel didahan, ranting maupun daun tumbuhan. Hewan ini seperti siput tandapa cangkang, namun tidak mempunyai antena dikenalnya. Hewan ini juga salah satu hewan penghisap darah yang biasanya sering ditemui para pendaki gunung diranting ranting pohon maupun di daun daun. Terkadang juga ada yang tau tau digigit, untuk itulah biasanya para pendaki memakai sepatu boat dan jaket lengan panjang guna menghindari gigitan hewan yang satu ini.

4. Lintah

Lintah juga termasuk hewan penghisab darah, sebenarnya hewan ini merupakan satu keluarga dengan pacet yang tergabung dalam filum Annelida subkelas Hirudinea. Secara fisik antara Pacet dan lintah tidak bisa dibedakan, yang membedakan adalah habitat kesukaannya. Pacet habitatnya diranting maupun daun daun tumbuhan, sedangkan lintah habitatnya diair seperti sungai rawa maupun danau. Lintah sering terlihat di bebatuan yang berada disekitar tempat berair. Selain itu yang membedakan adalah kandungan zat yang dimilikinya. Lintah mempunyai kandungan zat yang bermanfaat untuk tubuh, sehingga kegunaan minyak lintah yang dihasilkannya sangat banyak dan sering digunakan untuk terapi pengobatan. Namun perlu diketahui bahwa hanya lintah jenis hirudo saja yang dapat dimanfaatkan.

Itulah 4 hewan penghisap darah yang sering kita temui, sebenarnya masih banyak hewan penghisap darah yang hidup di bumi ini. Namun yang sering kita jumpai adalah seperti hewan hewan diatas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *