Pakan Ayam Broiler Organik yang Sering Dibuat Oleh Peternak

pakan ayam broiler organik

Pakan ayam broiler organik yang sering dibuat oleh peternak – saat ini banyak perternak yang mengeluh dengan harga pakan yang mahal. Untuk itu saya akan memberi cara agar peternak bisa membuat pakan sendiri tanpa harus melihat tingginya harga pakan di pasaran.

Ada banyak jenis yang bisa di buat sendiri oleh peternak, misalnya seperti jenis pakan alternatif, yang dapat di gunakan sebagai pakan ayam broiler organik. Pakan yang satu ini tentu saja biak dan aman untuk ayam yang di pelihara. Cara ternak sapi dan ternak ayam dengan biaya yang cukup terjangkau, bisa di bilang membuat pakan ayam broiler ini mudah. Jika anda perternak ayam broiler organic atau kalian yang ini memulai bisnis ini dengan modal yang terjangkau, ini dia caranya.

Cara Membuat Pakan Ayam Broiler Organik

pakan ayam broiler organik

Bahan yang di gunakan untuk membuat pakan organik ini bisa di racik sendiri dengan menambahkan resep yang kalian miliki salah satu bahan awalnya adalah:

  1. tepung jagung 5kg
  2. dedak padi (katul) 5kg
  3. karak (nasi aking kering) 2kg
  4. sayuran (kol, kubis, gedebog dan lainlain) 3kg
  5. konsentrat jenis 51 bravo (bisa diganti sesuai kebutuhan ayam) 3kg
  6. ampas tahu 1kg
  7. tepung ikan 1kg
  8. supelmen organik cair 10kg
  9. air matang sebanyak 20 liter

Yang di butuhkan untuk membuat pakan untuk ayam broiler organik ini juga bisa dari bahan-bahan seperti sayuran seperti bayam, kangkung, daun pepaya, kubis dan jenis sayuran lainnya. Bahan lain yang dapat di gunakan juga seperti katul atau bubuk kulit padi, bubuk jagung, ampas tahu dan kacang kedelai. Jika kalian sudah mempunyai bahan-bahannya kalian bisa blender sayuran terlebih dahulu. jika sudah halus, campuran dengan bahan yang telah kalian siapkan, aduk dengan rata dan rebus semua bahannya.

Setelah di rebus keringkan bahan-bahan tadi hingga benar-benar kering. Untuk mengeringkannya jangan sampai bahan tersebut terkena sinar matahari langsung, bisa menggunakan oven khusus untuk mengeringkan pakan ayam broiler organik, jika proses pengeringan sudah selesai tahap selanjutnya dengan simpan bahan tersebut pada keadaan yang kering agar pakan tersebut bisa tahan lama. Memberi makan ini harus rutin agar ayam lebih sehat dan kuat, karena pakan yang kita buat ini mengandung banyak protein dan vitamin yang baik untuk perkembangan ayam.

pakan ayam broiler organik berkualitas

Yang perlu di perhatikan dari bahan dan cara membuat pakan organik ini telah di sebutkan semoga bisa membantu anda untuk membuat pakan sendiri daripada harus membeli pakan dengan harga ya saat ini sedang di bilang mahal. Selain itu juga kalian bisa menambahkan dengan bahan tambahan untuk membuat pakan ini.tapi bahan tambahan yang perlu anda gunakan juga harus bersifat alami dan tidak berbahaya untuk ayam broiler yang kalian ternak.

Selamat mencoba membuat pakan ayam broiler organik yang sering dibuat oleh peternak, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *