6 Cara Memperbanyak ASI Dengan Cepat dan Ampuh

Cara Memperbanyak ASI

Setelah melahirkan tidak semua ibu bisa memproduksi ASI dengan jumlah yang cukup untuk bayinya. Ketika dalam keadaan ASI yang diproduksi tidak mencukup kebutuhan bayi tentu para ibu akan merasa khawatir tidak bisa memenuhi kebutuhan ASI bayi mereka. Biasanya ibu yang tidak bisa memberikan jumlah ASI yang cukup untuk bayinya beralih menggunakan susu formula. Padahal ASI menjadi makanan yang sangat penting untuk bayi, bayi harus mendapatkan ASI eksklusif selama enam bulan pertama agar manfaat ASI bisa dirasakan bayi dalam jangka panjang. Dengan memberikan ASI yang cukup dan rutin selama masa eksklusif ini bisa meminimalisir risiko alergi karena ASI dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Jika Anda adalah salah satu dari sekian banyak ibu yang tidak dapat memproduksi ASI yang cukup, jangan terburu-buru untuk memberikan susu formula kepada anak Anda. Usahakan terlebih dahulu cara memperbanyak ASI secara alami yang mungkin bisa menjadi solusi masalah Anda. Simak tips kesehatan di bawah ini untuk mengetahui cara memperbanyak ASI dengan cepat dan alami.

Cara Memperbanyak ASI

 

  1. Memijat Payudara

Cara memperbanyak ASI yang pertama adalah dengan melakukan pemijatan payudara. Pemijatan ini dilakukan dari bagian pangkal payudara, tekan perlahan dinding payudara dengan dua jari yakni jari tengah dan jari telunjuk. Kemudian lakukan gerakan melingkar pada bagian luar payudara selama kurang lebih 30 detik, lalu gerakan memutari payudara yang secara perlahan menuju putih seperti bentuk obat nyamuk. Lakukan pemijatan hanya dari pangkal payudara menuju puting, bukan sebaliknya. Tujuan pemijatan ini adalah agar produksi ASI dapat bertambah serta melancarkan keluarnya ASI.

  1. Memompa ASI

Cara memperbanyak ASI yang selanjutnya adalah dengan memompa payudara. Cara ini berguna untuk merangsang payudara untuk memproduksi ASI. Pompa masing-masing payudara selama sekitar 10 menit secara konsisten dan bekala di antara waktu menyusui. Penting untuk diketahui bahwa produksi ASI meningkat pada pukul 2-5 pagi, jadi jika memungkinkan pompa ASI pada jam tersebut.

  1. Jangan Berhenti Menyusui

Meskipun Anda merasa produksi ASI Anda kurang mencukupi, namun jangan berhenti menyusui bayi sekalipun. Dengan terus menyusui Anda bisa merangsang payudara untuk memproduksi ASI. Selain itu jangan lupa untuk menyusui menggunakan kedua payudara secara bergantian.

  1. Menyusui Setiap 2-3 Jam

Memiliki jadwal menyusui yang teratur juga dapat merangsang produksi ASI, terutama ketika bayi baru lahir. Bayi yang baru lahir biasanya menyusu hingga 12 jam dalam sehari. Nah berikanlah ASI setiap 2-3 jam, bahkan ketika bayi tertidur untuk mencukup kebutuhan nutrisi bayi.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Ketika dalam masa ASI eksklusif, ibu akan memerlukan tambahan kalori sebesar 300-500 kalori setiap harinya. Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan cukup akan membantu meningkatkan produksi serta kualitas ASI. Tidak ada makanan tertentu yang harus dikonsumsi, hanya saja harus bergizi dan jumlahnya cukup.

  1. Konsumsi Air Mineral

Cara memperbanyak ASI yang terakhir adalah dengan mencukup kebutuhan air tubuh. Tidak hanya dengan minum air mineral, jus buah atau sayur tanpa tambahan gula juga bisa membantu memperbanyak ASI. Selama memberikan ASI ke bayi hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dan bahan kimia karena bisa berpengaruh buruk untuk bayi.

Sumber referensi: https://desakabut.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *