5 Pemimpin Dunia Ini Pernah Dibui, Salah Satunya Dari Indonesia

Untuk menggapai suatu impian yang tinggi, tentu setiap orang akan mengalami banyak rintangan dan cobaan. Begitu juga dengan para pemimpin dunia, mereka banyak berkorban untuk bisa menduduki kursi kepemimpinan, bahkan banyak di antara mereka yang pernah sampai dijebloskan ke penjara.

Beberapa pemimpin dunia mesti menapaki jalan terjal serta penuh masalah sebelumnya pada akhirnya berhasil duduk di kursi kepemimpinan. Seringkali diantara mereka mesti ikhlas mendekam di penjara karna beragam hal. Tetapi nyatanya, dijebloskan kedalam penjara bukanlah jadi akhir dari perjuangan mereka.

Nama – nama besar seperti Nelson Mandela, Fidel Castro yaitu contoh – contoh pemimpin dunia yang sempat rasakan pahitnya bermalam di hotel prodeo. Mereka menunjukkan kalau dijebloskan kedalam penjara tidaklah akhir dari semuanya. Tersebut disini 4 tokoh dunia yang sempat dijebloskan kedalam penjara sebelumnya mereka pada akhirnya berhasil jadi tokoh – tokoh dunia.

1. Benazir Bhutto. Benazir Bhutto yaitu wanita pertama yang dipilih dengan demokratis jadi perdana Menteri di negara Pakistan. Bhutto yaitu putri dari bekas PM, Zulfikar Ali Bhutto yang disebut pendiri Partai Rakyat Pakistan. Mengenyam pendidikan di Inggris pada th. 1973-1977 sampai ia memperoleh titel di bagian hubungan internasional serta hukum internasional. Pulang ke Pakistan pada th. 1977, ia segera dijatuhi hukuman tahanan tempat tinggal, yang disebut putusan sesudah sang Bapak dikudeta oleh Zia ul-Haq. Atas perintah Zia juga, pada akhirnya sang Bapak mesti dijatuhi hukuman gantung. Kecaman dunia internasional juga pada akhirnya datang pada Pakistan. Sesudah semuanya perjalanan panjang serta penderitaan yang ia lalui, pada akhirnya pada th. 1993 Bhutto dipilih jadi Perdana Menteri Pakistan.

2. Fidel Castro. Tokoh dunia ini mulai perjalanan politiknya pada th. 1947. Ketidakadilan sosial yang ia saksikan buat dia pada akhirnya pergi ke Republik Dominika. Di sana ia gabung dalam satu pergerakan untuk menggulingkan dikatator Rafael Trujillo. Usaha itu tidak berhasil, tetapi semangat reformasi Castro jadi makin membara. Pada 26 Juli 1953, Castro dengan 159 pendukungnya menyerang barak militer diluar barak lokasi Satiago de Cuba, tetapi serangan itu tidak berhasil. Castro dengan sebagian koleganya di tangkap serta dijebloskan kedalam penjara sepanjang 15 th.. Tetapi roda histori berpihak pada Castro, walau sempat jadi terpidana, pada th. 1976 dia berhasil jadi presiden ke-17 Kuba.

3. Xanana Gusmao. Xanana adalah tokoh yang begitu perlu di negara Timor Leste. Jabatan strategis nan terhormat seperti Perdana Menteri serta Presiden sempat dia menempati. Dulunya, Xanana cuma bekerja jadi seseorang jurnalis. Tetapi karna hasrat politiknya yang tinggi untuk memerdekakan Timor Leste, Xanana gabung dengan ASDT (Social Democrat Association) yang disebut cikal akan dari Revoltionary Front for an Berdiri sendiri Timor Leste (FRETILIN). Pada th. 1983 Xanana memimpin negosiasi resmi dengan Indonesia untuk membahas gencatan senjata, serta pada 20 November 1992 dia dipenjara di LP Cipinang. Walau pernah lakukan perlawanan pada pemerintah Indonesia, tetapi sesudah Timor Leste merdeka, di bawah kepemimpinan Xanana, RI-Timor Leste merajut hubungan yang begitu erat. Oleh karenanya pada th. 2014, Xanan diberi penghargaan Bintang Adipura oleh presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

4. Nelson Mandela. Pada th. 12 Juni 1964, Nelson Mandela dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, yang mana dia yaitu pejuang anti-apartheid Afrika Selatan. Dia dipenjara karna dinyatakan bersalah atas sabotase pemerintahan yang saat itu didominasi oleh golongan kulit putih walau warga Afrika Selatan berkulit hitam. Walau dijatuhi hukuman seumur hidup, tapi pada th. 1990. Empat th. lalu dia dipilih jadi Presiden Afrika Selatan yang begitu bercahaya, sampai dapat mencapai Nobel Perdamaian. Walau sudah meninggal dunia, nama Nelson Mandela tetaplah dikenang oleh dunia, tidak cuma negara Afrika Selatan.

5. Ir. Soekarno. Beliau yaitu tokoh proklamator kemerdekaan Republik Indonesia, serta dia yaitu Ayah bangsa Indonesia. Histori tahu serta mencatat, kalau Soekarno sempat dijebloskan kedalam penjara. Bung Karno dipenjara oleh pemerintahan kolonial Belanda pada 29 Desember 1929. Bung Karno ditahan lebih kurang sepanjang 8 bln.. Sesudah dibebaskan Soekarno kembali lakukan perjuangan kemerdekaan Indonesia serta mendeklarasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, sejak saat itu juga beliau diambil jadi Presiden pertama Indonesia.

Nah pembaca setia Vebma, tersebut barusan sebagian tokoh dunia yang sempat dijebloskan kedalam penjara karna beragam argumen, tetapi mereka tetaplah berjuang sampai pada akhirnya mereka dapat jadi tokoh yang di kenal oleh semua dunia, tidak cuma untuk negaranya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *